deskripsi gambar

Pembangunan Gapura Berbiaya Rp 7 Miliar Dilengkapi Sarana Promosi UMKM




Medan || teamsergapnews.com ||

DPRD Kota Medan  Komisi IV  menyarankan agar pembangunan 3 lokasi Gapura Kota Medan-Deli Serdang dilengkapi sarana rest area dan tempat promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ciri khas Medan. 

Anjuran tersebut merupakan kesepakatan anggota DPRD di Komisi IV yang dipimpin Ketua Komisi IV Haris Kelana Damanik ST didampingi Paul Mei Anton Simanjuntak, Edwin Sugesti Nasution, Antonius Tumanggor dan Renville Napitupulu melakukan pembahasan Perubahan APBD TA 2022 di ruang komisi gedung DPRD, Senin (12/9/2022).

Dalam rapat pembahasan yang dihadiri Kepala Dinas PKPPR Kota Medan Sutan Endar Lubis telah menyampaikan, dalam Perubahan APBD TA 2022, pihaknya (Dinasnya) mengalokasikan anggaran sekitar Rp 961 Miliar lebih, untuk pembangunan Gapura batas Kota di Jl Jamin Ginting sebesar Rp 2 Miliar, pembangunan Gapura di Jl S M Raja Rp 4 Miliar dan pembangunan Gapura di Jl Gatot Subroto Rp 3 Miliar.

Sebelumnya, menyikapi paparan Endar Sutan Lubis itu, anggota Komisi IV Edwin Sugesti Nasution menyarankan agar pembangunan Gapura di 3 lokasi supaya disiapkan sarana promosi produk UMKM. 

"Warga yang hendak keluar dan masuk wilayah Medan dapat istirahat sambil menikmati produk jajanan dan kuliner ciri khas Kota Medan. Anggaran itu cukup besar dan dimanfaatkan untuk jauh ke depan," ujar Edwin Sugesti.

Bahkan, Edwin Sugesti juga mengkritisi kenapa hanya di 3 lokasi dilakukan penataan. Sedangkan di batas kota Jl Letda Sujono, Hamparan Perak dan Deli Tua tidak ada. Diharapkan Pemko Medan juga melakukan hal yang sama.

Menyahuti kritikan anggota dewan, Kepala Dinas PKPPR Sutan Endar Lubis mengatakan, rencana pembangunan Gapura di 3 lokasi akan menkadi icon Kota Medan. Desain nya dikerjakan oleh konsultan profesional. Bangunan akan bernilai seni ukir, memiliki taman bermain dan tempat santai. 

Sarana untuk promosi UMKM akan dikaji kembali. Kenapa hanya di 3 lokasi yang akan dibangun tahun ini, Sutan Endar menyebut, pembangunan dilakukan secara bertahap. Untuk Gapura di perbatasan dengan Tembung, Deli Tua dan Kelambir Lima direncanakan Tahun 2023.
 
(tsn bram) 
Share on Google Plus

About JurnalisTeamSergapIndonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.