deskripsi gambar

Gubernur Sumatera Utara Rencanakan Revitalisasi SMAN 3 Pada Tahun 2023

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Medan, di Jalan Budi Kemasyarakatan Medan, Rabu (4/1/2023)




Medan  ||   Teamsergapnews.com || 

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melanjutkan kunjungannya memantau fasilitas dan kondisi sekolah tingkat menengah di Kota Medan, Rabu (4/1). Selain memantau, ia juga memberikan saran untuk rancang bangun revitalisasi SMA Negeri 3 dan 5 di Kota Medan.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Edy Rahmayadi melihat sebagian besar ruangan, baik kelas belajar, ruang guru, kepala sekolah, kantin dan sarana lainnya. Termasuk memberikan saran terhadap rencana rancang bangun revitalisasi gedung sekolah yang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut  akan dilakukan perbaikan hingga membangun gedung baru.

Seperti pada kunjungan di SMA Negeri 3 Medan, Jalan Budi Kemasyarakatan Nomor 3 Pulo Brayan. Gubernur melihat perlunya membuat ruang lobi atau penerima tamu di bagian depan, agar setiap kunjungan, khususnya orang tua siswa bisa merasa nyaman dan leluasa mendapatkan pelayanan atau fasilitas.

Termasuk juga tampilan pagar bagian depan sekolah, agar tidak menutup pandangan ke arah pintu masuk utama (tengah). Sehingga masyarakat bisa memandang dari luar ke dalam, bagaimana kondisinya.

"Ini nanti ruang kepala sekolah ditata bagus. Bagaimana kira bisa melihat kondisi di dalam ini enak dipandang, tapi bentuknya," sebut Gubernur, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Asren Nasution dan Kepala SMAN 3 Mukhlis.

Sementara di SMAN 5 Medan, Jalan Pelajar Nomor 17, Teladan Timur, Gubernur meminta agar bangunan yang usianya cukup tua, harus ada upaya revitalisasi, agar fasilitas belajar mengajar dan pendukung lainnya menjadi lebih baik.

Beberapa catatan penting, kata Gubernur, seperti pembenahan susunan gedung belajar, aula serta menata pintu gerbang masuk sekolah. Termasuk menempatkan jendela kelas yang lebih tepat, agar aktivitas belajar mengajar berlangsung nyaman.

"Kantin juga harus representatif, terus pastikan tidak ada (siswa) yang berada di kantin selama jam belajar," urainya didampingi Plt Kepala SMAN 5 Medan, Suprayitno.

Yang terpenting, kata Gubernur, suasana sekolah harus terlihat lapang. Karenanya bangunan atau fasilitas yang terlihat menghalangi pandangan, agar dapat ditata dengan baik.

"Tolong dirancang dengan baik, bagaimana penataan sekolah ini. Kita akan lakukan revitalisasi. Silakan dihitung dulu berapa biayanya," jelas Gubernur.

Gubernur juga mengingatkan, bahwa kenyamanan lingkungan sekolah, khusunya penilaian terhadap kebersihan, menjadi faktor penting guna menunjang aktivitas belajar mengajar.

Mendapat kunjungan tersebut, Kepala SMAN 3 dan SMAN 5 Medan menyambut baik dan berterima kasih kepada Gubernur Edy Rahmayadi yang telah melihat kondisi sekolah dan memikirkan bagaimana melakukan rehab serta penataan sarana sekolah.

Mereka berharap dengan program revitalisasi sekolah, akan dapat meningkatkan mutu pendidikan tingkat atas yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemprov Sumut. 

(TSN Lam)

Share on Google Plus

About JurnalisTeamSergapIndonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.