TNI AL Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa di Jawa Timur

Foto : Sebagai wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat yang tertimpa bencana gempa, Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memberikan bantuan kemanusiaan kepada para masyarakat terdampak di wilayah Pulau Bawean serta di wilayah Tuban Jawa Timur.




Jakarta  ||  Sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Laut (TNI AL) terhadap masyarakat yang tertimpa bencana gempa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memberikan bantuan kemanusiaan kepada para masyarakat terdampak di wilayah Pulau Bawean serta di wilayah Tuban Jawa Timur, belum lama ini. 

Bencana gempa bumi yang telah menimpa wilayah Jawa Timur khususnya Tuban dan Pulau Bawean pada tanggal 22 Maret 2024 pekan lalu terjadi dua kali dengan kekuatan Magnitudo 5,9 dan Magnitudo 6,5. Tercatat kerusakan yang diakibatkan oleh gempa baik di Tuban dan Pulau Bawean diantaranya yaitu 63 fasilitas pendidikan, 5 rumah sakit, 88 rumah ibadah, 8 gedung lainnya mengalami kerusakan, dan 4.679 rumah dilaporkan rusak. 

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan bakti kemanusiaan yang dilakukan hari ini merupakan wujud nyata dari kepedulian TNI AL sebagai sesama manusia, sesama Bangsa Indonesia. “Melalui langkah nyata ini, kita berusaha untuk memulihkan kehidupan masyarakat yang terdampak oleh gempa di Pulau Bawean dan Tuban. Kita menunjukkan bahwa solidaritas dan kepedulian bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi juga tindakan nyata yang mampu memberikan harapan serta dukungan bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan,” ujar Kasal. 

Bantuan kemanusiaan TNI AL yang dikirimkan ke Pulau Bawean, diangkut dengan menggunakan KRI Teluk Banten-516 (KRI TBT-516). Selain pendistribusian bantuan, juga dilaksanakan bakti kesehatan, dengan mendatangkan dokter umum untuk pemeriksaan dan pengobatan penyakit ringan, serta personel TNI AL dari Dinas Psikologi TNI AL (Dispsial) untuk kegiatan trauma healing berupa pendampingan psikologis kepada masyarakat guna menghilangkan trauma akibat bencana gempa. 

Pada kegiatan ini selain dari TNI AL, sejumlah institusi ikut berpartisipasi memberikan bantuan kepada korban bencana gempa bumi, diantaranya BNPB Kota Surabaya, BPBD Gresik melalui Lantamal V, Polda Jatim, serta Buddist Education Center, dimana seluruh bantuan yang dikirimkan berupa Sembako, air mineral, selimut, vitamin, obat-obatan, serta berbagai kebutuhan pribadi yang dibutuhkan di lokasi terdampak bencana.  


[tsn bram


Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar