deskripsi gambar

Komisi IV Minta Pemko Data TPU di Pinggir Sungai


MEDAN | | teamsergapnews.com | |

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Medan, M Afri Rizki Lubis, meminta Pemko Medan melalui OPD terkait, yakni Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan untuk mendata secara serius seluruh Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di Kota Medan, khususnya yang berada tak jauh dari bibir sungai.

Rizki menginginkan, kedepannya tidak ada lagi TPU di Kota Medan yang kembali mengalami longsor seperti halnya TPU Kristen Simalingkar B pada beberapa waktu yang lalu.

“Kejadian longsornya TPU Kristen di Simalingkar B kemarin merupakan bukti buruknya perhatian dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Seharusnya kejadian itu tak perlu terjadi apabila sejak awal sudah diantisipasi, bukannya setelah longsor baru sibuk,” ucap Rizki, Minggu (22/5).

Politisi Partai Golkar ini juga meminta kepada DKP Kota Medan untuk memperhatikan kondisi TPU-TPU lainnya di Kota Medan. Sebab selain masalah longsor, TPU di Kota Medan juga mengalami berbagai masalah lainnya.

“Salah satunya terkait ketersediaan lahan TPU yang semakin sedikit di Kota Medan. Ini DKP harus bisa berkoordinasi dengan OPD terkait lainnya, bagaimana caranya agar Kota Medan bisa mendapatkan lahan TPU yang baru,” ujarnya.

Tak cuma itu, DKP Kota Medan juga diminta untuk melakukan penataan TPU secara baik. Sebab selain sebagai pemakaman, lahan TPU juga masuk ke dalam kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“RTH ini sangat penting. Berhubung TPU ini juga masuk ke dalam kawasan RTH, makan TPU pun harus ditata dan dikelola dengan baik. Apalagi sama-sama kuta ketahui, sampai saat ini Kota Medan juga masih kekurangan RTH,” katanya.

Namun begitu, Rizki memberikan apresiasi kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang langsung turun ke TPU Kristen Simalingkar B saat terjadinya longsor beberapa waktu yang lalu.

Tak cuma itu, Rizki juga menilai baik langkah Bobby Nasution yang telah berkoordinasi dengan BWSS II dalam percepatan pembangunan tanggul di TPU Kristen Simalingkar B tersebut. Selain itu, Rizki juga menilai baik kinerja Dinas PU dalam membangun tanggul tersebut.

“Alhamdulillah sekarang tanggulnya sudah dibangun. Kita terus berharap, gerak cepat Wali Kota Medan, Pak Bobby Nasution ini dapat diikuti oleh para OPD nya, termasuk Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam menata seluruh TPU yang ada di Kota Medan,” pungkasnya.(tsn nes)

Share on Google Plus

About JurnalisTeamSergapIndonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.