deskripsi gambar

Nawal Lubis: TP - PKK Merupakan Mitra Yang Berkoordinasi Dengan Dinas Terkait

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menerima audiensi dari Pengajian Muslimah Sumut, dan Dewan Pengurus Wilayah Keluarga Bahagia, di Hall Rumah DInas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman 41, Medan, (09/01).

MEDAN || Teamsergapnews.com ||

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis meminta kaum ibu yang bergabung dalam organisasi sosial dan keagaman agar siap berkorban untuk kepentingan kebaikan umat. Karenanya, ia menyambut baik kehadiran kelompok pengajian muslimah di provinsi ini.

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, saat bertemu dengan kelompok Pengajian Muslimah Sumut dan Pengurus Wilayah Keluarga Bahagia “Happy Family” Sumut di Hall Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (9/1). 

Hadir sejumlah pengurus kedua organisasi tersebut. Serta turut mendampingi Kepala Dinas Pembrdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPAKB) Manna Wasalwa Lubis dan Plt Kepala Dinas Sosial Basarin Yunus Tanjung.

Dalam sambutannya, Nawal Lubis menyebutkan bahwa TP-PKK merupakan mitra yang berkoordinasi dengan dinas terkait dalam hal menjalankan program mendukung pemerintah, seperti pemberdayaan masyarakat, serta pendampingan bagi keluarga di setiap tingkat pemerintahan, mulai dari pusat hingga ke desa melalui kader dasawisma.

Karenanya kehadiran kelompok pengajian kaum perempuan/ibu akan mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov), selama program yang dijalankan adalah untuk kebaikan dan kemaslahatan umat. Sebagaimana visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut menjadikan provinsi ini maju, aman, sejahtera dan bermartabat.

“Jika untuk kebutuhan umat, saya tidak masalah. Bahkan mungkin kita sudah pernah ketemu di kesempatan sebelumnya. Tetapi meskipun saya tidak bisa mendatangi semuanya ke berbagai tempat, namun untuk urusan ini (keumatan), saya tidak mau main-main,” jelas Nawal.

Kepada kelompok Pengajian Muslimah Sumut, Nawal menyambut baik program pembinaan dan bimbingan kepada mualaf atau mualaf center. Apalagi sampai merambah ke tempat yang membutuhkan perhatian dalam ssegi pengajaran agama bagi masyarakat.

“Saya yakin pasti banyak tantangan dan hambatan yang ibu-ibu hadapi. Makanya dalam Islam itu, kita dituntut untuk siap berkorban. Seperti memberikan bantuan kepada masyarakat, apalagi ini kan hal yang baik,” sebut Nawal kepada Ketua Pengajian Muslimah Sumut Fatmawati dan pengurus lainnya.

Sedangkan kepada Dewan Pengurus Wilayah Keluarga Bahagia “Happy Family” Sumut, Nawal juga mengingatkan bahwa masalah penyakit sosial seperti kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan terhadap anak, serta narkoba dan sebagainya, yang sudah banyak merusak generasi muda, sangat mengkhawatirkan.

“Emak-emak (kaum ibu) harus turun (berpartisipasi) untuk membantu mengatasi masalah ini. Misalnya ada perjudian di lingkungan, kalau nggak ditutup (petugas), nunggu emak-emak ini turun tangan baru ditutup. Kalau tak ada lagi yang bisa bergerak, padahal sudah mengadu, ibu-ibu harus berani berperan,” harapnya kepada Ketua Umum DPW Keluarga Bahagia Yuswani Hasibuan beserta jajaran pengurus.

Sebab menurutnya, peran kaum ibu yang bisa mendorong agar upaya menyelamatkan generasi muda dan menyembuhkan penyakit masyarakat dapat berjalan efektif. Sebab jika dikaitkan dengan aktivitas dakwah pengajian tersebut, umat Islam harusnya bisa bersatu menegakkan kebenaran dan kebaikan.

“Mari kita bantu pemerintah dalam menangani masalah penyakit masyarakat. Dan terima kasih kepada ibu-ibu semua karena telah bergerak tanpa meminta bantuan dari orang lain atau pemerintah. Kalau ada keperluan, nanti bisa disampaikan ke saya. Insya Allah, akan saya bantu sebisa mungkin,” katanya.

Mendapat perhatian itu, Fatmawati dan Yuswani Hasibuan selaku pimpinan organisasi tersebut mengaku senang dan bangga bisa diterima dengan baik oleh Ketua TP PKK Sumut yang mereka harapkan sebagai pembina atau penasehat kelompok pengajian tersebut.

“Karena pengajian ini sudah berjalan lama, maka pertemuan bersama Ibu Gubernur (Nawal Lubis) ini membuat kami lebih semangat lagi menjalankan organisasi. Kami akan laksanakan ini bersama-sama,” sebut Fatmawati.

Mereka juga mengapresiasi dukungan Ketua TP PKK Sumut yang berkomitmen membantu kegiatan pengajian, termasuk memfasilitasi kegiatan seperti menggunakan gedung atau aula milik Pemprov Sumut. Ditambah lagi, mereka merasa penerimaan dari Nawal Lubis sebagai istri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi begitu hangat dan antusias. 

(TSN Lam)

Share on Google Plus

About JurnalisTeamSergapIndonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.